Tuesday, March 26, 2013

Irjen Djoko bikin bonbin, Hoegeng rela lepas orangutan ke alam

Irjen Djoko bikin bonbin, Hoegeng rela lepas orangutan ke alam

Cerita kejujuran polisi Hoegeng Iman Santoso akan terus menjadi legenda. Termasuk kisah ketika dia harus melepas binatang kesayangannya yaitu orangutan bernama Sudomo ke alam liar. Ini tentu sungguh beda dengan apa yang dilakukan Irjen Djoko Susilo, polisi dengan kekayaan Rp 100 miliar, yang berniat membangun kebun binatang!

Sebagai polisi, dulu Hoegeng memberi teladan kepada pejabat-pejabat lainnya. Meski sayang kepada hewan piaraan, Hoegeng tidak ingin mengumpulkan hewan-hewan itu dalam kebun binatang pribadi. Kalau mau, dengan posisinya sebagai Kapolri, Hoegeng bisa mewujudkan kebun binatang pribadi. Yang terjadi Hoegeng rela melepasnya ke alam liar demi kebebasan mereka. Meskipun saat harus melepas hewan kesayangan itu diiringi dengan tangis kesedihan.

Tapi apa boleh buat. Bagi polisi Hoegeng tidak ada ambisi pribadi. Apalagi ambisi itu harus menabrak aturan hukum. Tidak ada korupsi dalam kamus Hoegeng!

Kisah tentang Hoegeng dan hewan kesayangannya itu dimuat dalam buku Hoegeng, oase menyejukkan di tengah perilaku koruptif para pemimpin bangsa, terbitan Bentang.

Hoegeng memang dikenal senang bersenandung dengan binatang peliharaan. Dia memiliki sejumlah burung, ayam, dan monyet. Dia dulu pernah punya 3 ekor orangutan, diberi oleh Sudomo (mantan Pangkopkamtib). Oleh Hoegeng, orangutan itu dinamai Sudomo, satu lagi diberi nama Sri Utaningsih.

Ketiga orangutan itu bertahun-tahun mesra, sering memeluk dan manja dengan Hoegeng. Waktu pemilu Hoegeng membuatkan baju dengan tulisan Golmon (Golongan Monyet).

Hoegeng kemudian sedih karena dia harus menaati aturan bahwa binatang kesayangan itu harus dilepas ke hutan. Dia tidak tega saat orangutan itu disuntik oleh petugas yang datang. Kesedihannya konon lebih dalam dari saat kehilangan jabatan Kapolri. Yang bikin jengkel lagi, karena dia pernah melihat hewan sejenis milik beberapa menteri di airport.

Tetapi aturan adalah aturan yang tidak boleh dilanggar. Alih-alih membuat kebun binatang, Hoegeng rela bersedih melepas 'Sudomo' dan 'Sri Utaningsih' ke alam bebas.

Itulah teladan polisi Hoegeng. Bandingkan dengan polisi Irjen Djoko yang berniat bikin bonbin di Subang, di antara bukit dan danau buatan.

No comments: